Persib Bandung

Jadwal Lengkap 8 Besar Piala Indonesia 2010
1.Kamis, 15 Juli 2010: Pelita Jaya vs Persipura
2. Jumat, 16 Juli 2010: Sriwijaya FC vs Persebaya
3. Sabtu,  17 Juli 2010: Persija vs Persik
4. Minggu, 18 Juli 2010: Arema vs Persib
5. Senin, 19 Juli 2010: Persipura vs Pelita Jaya
6. Selasa, 20 Juli 2010: Persebaya vs Sriwijaya FC
7. Rabu, 21 Juli 2010: Persik vs Persija
8. Kamis, 21 Juli 2010: Persib vs Arema

Kemauan Hilton Untuk Sembuh Sangat Besar

March 18th, 2010 

Setelah menjadi dokter tim Persib Bandung selama musim ini, dr Rafi Ghani mengenal betul bagaimana sikap Hilton Moreira menghadapi cederanya. Makanya, dr Rafi yakin cedera yang dialami oleh Hilton akan cepat sembuh. Diperkirakan, Hilton hanya membutuhkan waktu lebih cepat untuk menyembuhkan cederanya.

Lamanya penyembuhan cedera ditentukan oleh kemauan dari dalam hati Hilton sendiri

“Hilton termasuk pemain yang disiplin dalam menangani cedera. Ditambah lagi ia mempunyai kekuatan hati untuk segera sembuh. Jadi saya perkirakan, ia hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu untuk sembuh,”katanya ketika ditemui sore ini di mess Persib.

Cedera yang dialami Hilton didapat ketika ia mengawal bola yang bergulir ke luar lapangan. Pada saat itu, Seme Patrick, bek lawan yang ikut menyerang berusaha merebut bola agar tidak keluar lapang. Sialnya, ketika mereka berbenturan, kaki kanan yang menjadi tumpuan badan dari Hilton tidak sempurna dalam berpijak.

“Jadi bukan karena tackling dari Seme yang menyebabkan cederanya, namun kaki kanan Hilton yang tidak dalam posisi bagus menahan beban badannya,” jelasnya.

Dokter Rafi juga menyayangkan adanya isu yang berkembang bahwa Hilton cedera cukup parah dan tidak dapat bermain sampai akhir musim. Karena yang terjadi sebenarnya adalah sedikit robeknya ligamen, bukan putus seperti yang diisukan. Dan Hilton memang sempat menangis karena sempat terpikir akan karir sepakbolanya.

“Jika yang terjadi adalah putusnya ligamen, maka tidak mungkin Hilton masih bisa berjalan seperti tadi siang ini,” katanya.

Siang tadi, Hilton didampingi oleh dekter Rafi memeriksakan cederanya menggunakan teknologi MRI (Magnetic Resonance Imaging) di RS Boromeous. Hasil dari pemeriksaan MRI inilah yang akan dijadikan diagnosa final, bagaimana analisa kedokteran dan penanganannya akan disimpulkan.

“Setelah dua hari lagi, lewat hasil pemeriksaan MRI, kita baru bisa mengetahui dengan pasti separah apakah cedera yang dialami oleh Hilton. Apakah diperlukan operasi lanjutan atau tidak. Karena cedera dalam seperti yang dialami oleh Hilton ini memerlukan pemeriksaan yang lengkap dan menyeluruh. Tidak bisa hanya dengan pemeriksaan awal sudah divonis ia tidak bisa merumput sampai akhir musim,” ujarnya.

Yang pasti, dr Rafi berani mengatakan bahwa Hilton akan cepat pulih daripada yang diperkirakan dokter karena kemauan Hilton sendiri yang kuat dan disiplin dalam terapi penyembuhannya sesuai dengan sikapnya selama ini. Namun ia juga mengharapkan kepada semuanya agar mendoakan kesembuhan Hilton.

Ini artinya, dalam pertandingan tandang mendatang melawan PSPS dan Persija, Hilton tidak akan berada di lapangan. “Persib akan kehilangan salah satu karakternya, namun tidak masalah karena ada pemain lain yang siap menggantikannya,” kata Yusuf Bachtiar, sang asisten pelatih, yang ditemui secara terpisah.

Persib rencananya akan berangkat ke Pekanbaru besok pagi pukul 7 dari stadion Persib, jalan Ahmad Yani, untuk kemudian terbang menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari cengkareng siangnya.

Ambil Hikmahnya

March 18th, 2010

Kabar parahnya cedera pemain depan Persib Bandung, Hilton Moreira sungguh sangat menganggu. Ketika tim Persib Bandung dan semua elemennya berpesta menyambut kemenangan telak atas Persema Malang, tak dipungkiri masalah cederanya sang difference maker tim Persib ini tetap mengganggu.
Hilton Moreira Persib vs Persema 2009/2010

Hilton Moreira memang bukan satu-satunya pemain bintang di Persib Bandung. Namun kehadirannya sangat dibutuhkan tim Persib. Hilton adalah salah satu pengganggu konsentrasi pemain belakang lawan. Kehadirannya dengan skill di atas rata-rata pemain Liga Super Indonesia sering kali menyihir penonton yang menyaksikan pertandingan Persib. Hal inilah yang menyebabkan seorang Robby Darwis menyebutkan bahwa Hilton sangat dibutuhkan oleh tim.

Baca Juga: Robby: Peran Hilton Sangat Dibutuhkan

Selain sebagai pemain depan yang cerdik, yang mampu memanfaatkan setiap celah pertahanan tim lawan. Misalnya saja dalam pertandingan terakhir melawan Persema, gol pertama Gonzalez merupakan kecerdikan Hilton melihat posisi lawan dan posisi Gonzalez. Gol yang dicetak Hilton pun, merupakan hasil kecerdikannya melihat Atep yang berlari di sebelah kiri.

Sebagai penyerang, Hilton juga cukup produktif. Sampai 23 kali pertandingan yang dilakoni Persib, Hilton telah mencetak 10 gol. Total gol yang dicetak duet Hilton-Gonzalez adalah 23 dari 38 gol yang dicetak Persib. Gol terakhir Hilton ke gawang Persema dijamin merupakan gol indah bersejarah yang tidak akan dilupakan oleh bobotoh sepanjang masa.

Lihat: Video Gol Babak I Persib vs Persema

Melihat data di atas, wajar saja jika semua elemen tim Persib khawatir jika kondisi cedera Hilton divonis parah. Bahkan dalam twitternya, Nova Arianto mengatakan bahwa ada kemungkinan Hilton bisa saja absen sampai musim ini selesai. Namun kita masih menunggu keputusan dokter ahli, apakah cedera Hiltontermasuk parah atau tidak, kita masih menunggu.

Namun jika cedera Hilton benar-benar parah, kita hanya bisa berharap tim Persib mengambil hikmah dari kondisi ini. Pemain depan Persib merupakan kombinasi pemain depan yang sangat hebat. Kehadiran penyerang nasional Budi Sudarsono dan penyerang ngotot Airlangga masih bisa dimaksimalkan oleh tiom pelatih jika Hilton Absen.

Hilton Moreira Persib vs Persema 2009/2010

Mungkin ini saatnya, Budi Sudarsono muncul kembali sebagai striker utama. Tim pelatih diharapkan bisa mendongkrak kembali kemampuan Budi Sudarsono yang memang belum habis kejayaannya.

Selain Budi, ada nama lain yaitu Airlangga. Airlangga memang sangat jarang diturunkan oleh Jaya Hartono. Namun Airlangga mel;alui kengototannya, selalu mampu menarik perhatian bahkan merubah permainan Persib itu sendiri. Tentu saja kita ingat bagaimana Airlangga berhasil membantu  Persib merubah hasil pertandingan ketika menghadapi Bontang FC.

Semoga saja cedera Hilton tidak separah yang dikhawatirkan. Namun, jika memang cedera Hilton parah, tim Persib harus tetap berjuang dan memaksimalkan skuad dan ada. Ambil hikmahnya saja, bisa jadi cedera ini membuka jalan Persib menjadi juara musim ini.

Hilton Moreira Persib vs Persema 2009/2010
Semoga cepat sembuh, Thon…

Rabu, 17 Maret 2010, 17:40 WIB
El Loco Hattrick, Persib Balas Dendam Persema
Christian ‘El Loco’ Gonzales (kanan) (ANTARA/Rezza Estily)

Dengan kemenangan ini, Persib tak beranjak di posisi empat dengan poin 42 dari 23 laga. Maung Bandung tertinggal enam poin dari Arema Indonesia yang memuncakki klasemen juga dengan 23 laga.

Sedangkan bagi Persema, kekalahan ini membuat posisi mereka juga tak beranjak di posisi ke-7 dengan 34 poin dari 24 laga yang telah dilakoni.

Bertanding di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Bandung, Rabu 17 Maret 2010, Pesib memang punya ambisi untuk membalas kekalahan 3-0 di pertemuan pertama.

Terbukti saat pertandingan baru berjalan tiga menit, Persib membuka peluang lewat Atep yang berhasil memberikan bola umpan kepada Gonzales. Sayangnya sepakan keras Gonzales di kotak penalti masih bisa dihadang bek Persema Munhar.

Namun kegagalan di percobaan pertama itu langsung dibayar tuntas Gonzales. Striker Uruguay ini berhasil membuat Persib unggul 1-0 pada menit ke-25. Berawal dari bola crossing, Moreira berhasil memberikan assists lewat kepalanya kepada Gonzales. El Loco yang berada di mulut gawang langsung menaklukkan I Komang Putra.

Kedudukan itu tak bertahan lama. Tiga menit kemudian giliran Moreira yang berhasil membuat gol cantik. Berawal dari bola crosing Atep yang gagal dikuasai I Komang Putra, Moreira langsung menyambar bola dengan tendangan saltonya sekaligus merubah kedudukan menjadi 2-0 buat keunggulan Persib.

Persema mencoba bangkit saat babak pertama menyisakan waktu lima menit. Jaenal Ichwan dua kali mengancam gawang Markus Horison. Namun hingga turun minum skor tak berubah.

Babak kedua ditandai dengan hujan deras yang membuat stadion digenangi air. Hal itu membuat permainan kedua tim tak berjalan efektif. Namun Persib sepertinya sadar punya keuntungan bermain di kandang.

Terbukti di menit ke-54, El Loco berhasil mencetak gol kedua. Berawal dari kesalahan Munhar yang terjatuh, Gonzales langsung membawa bola dan menaklukkan I Komang putra. Skor sementara 3-0.

Persib terus mengurung. Bahkan pada menit ke-70, tercipta dua peluang cantik yang diciptakan tim besutan Jaya Hartono. Setelah tendangan Budi Sudarsono di tepis I Komang, bola yang jatuh ke kaki El Loco diteruskan kepada Atep. Namun tembakan Atep masih melebar tipis.

Dan El Loco pantas berterima kasih pada Airlangga Sucpipto yang menjadi aktor atas hadiah penalti yang diterima Persib setelah diganjal Seme Pierre di kotak terlarang pada menit ke-77. El Loco dengan tenang menaklukkan I Komang sekaligus mencetak hattrick. Skor 4-0 ini akhirnya bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan Pemain

Persib: Markus Horison, Cristian Rene, Maman Abdurrahman, Nova Arianto, Gilang Angga Kusuma (Airlangga Sucipto, 71′), Hariono, Satoshi Otomo, Atep, Eka Ramdani, Hilton Moreira (Budi Sudarsono, 37′), Christian Gonzales.

Persema: I Komang Putra, Seme Pierre Patrick, Munhar, Suroso, M Kamri (Pepito, 80′), Jaenal Ichwan, Bima Sakti, Robby Gaspar, Iswandi Da’i (Harmoko), Siswanto, Jairon Feliciano

Robby: Peran Hilton Sangat Dibutuhkan

March 17th, 2010 

Setealh pertandingan Persib vs Persema, Assisten pelatih Robby Darwis berbicara tentang kondisi terakhir Hilton Moreira. Hilton yang mencetak gol yang sangat spektakuler dalam pertandingan ini diberitakan mengalami cedera sedikit di bawah lutut dan harus dibawa ke RS untuk di foto.

Kalau dilihat dari memarnya tidak begitu parah. Minta doa nya saja kepada seluruh bobotoh agar ia dapat segera pulih,” kata kapten Persib Bandung jaman baheula itu.

Robby memang mengkhawatirkan kondisi Hilton. Peran Hilton diakui sangat dibutuhkan di lapangan sehingga kehadirannya sangat penting bagi tim.Legenda hidup Persib ini mengatakan bahwa Persib harus terus menang. Hal ini karena persaingan papan atas yang sangat ketat. Draw atau bahkan kekalahan membuat Persib bisa tergeser kapan saja.

“Terlepas lawan siapa-siapa selanjutnya, Kita harus terus menang agar bisa selalu diatas. Terpeleset karena draw atau kalah, posisi Kita akan diambil tim lain seperti SFC,” jelas Robby.

Berbicara mengenai lini belakang tim Persib, Robby mengungkapkan bahwa pengertian di lini belakang antara Markus, Nova, Maman, dan Rene sudah sangat bagus.

Kandaskan Persema 4-0

March 17th, 2010

Kesebelasan Persib Bandung dengan meyakinkan berhasil menghempaskan persema Malang 4-0 dalam lanjutan pertandingan Liga Super Indonesia (LSI) 2009/2010 di stadion Si Jalak Harupat Soreang, Rabu 17 Maret 2010. Kemenangan ini sekaligus membalaskan dendam tim Persib yang kalah dari Persema di putaran pertama.

Gol Persib dihasilkan oleh hattrik Christian Gonzalezdan satu hol dari Hilton Moreira. Pada menit 25. Berawal dari crossing ketiang jauh Satoshi, bola disambut umpan dada Hilton kepada Gonzales di mulut gawang. Dengan mudah el Locco dapat merobek gawang Persema yang dijaga I Komang Putra. Gol kedua Persib dicetak oleh Hilton yang dengan spektakuler mebobol Persema di menit 29.

Di menit 53 babak II, kembali Gonzales menambah keunggulan tim maung Bandung menjadi 3-0. Pelanggaran Seme Patrick terhadap Airlangga membuahkan penalti buat Persib. Dari titik putih, Gonzalez dengan percaya diri mencetak golnya yang ke 13 di musim ini.

Dengan kemenangan ini, Persib dengan mantap menempati urutan 4 klasemen sementara LSI dan terpaut hanya 6 poin dari pimpinan sementara, Arema Malang. Bagi Persema, kekalahan ini menahan mereka di urutan 7.

Persib Akan Ganti Logo

March 16th, 2010

Muncul wacana bahwa Persib akan berganti logo yang dihembuskan oleh konsorsium. Dengan berbagai perubahan yang diterapkan semenjak berganti status pengelolaan dari amatir menjadi profesional, Persib yang dikelola bersamaan antara PT  PBB dengan konsorsium sebagai penyokong dana utama mempunyai sebuah blue print pengelolaan klub sepakbola.

Farhan di pertandingan Persib melawan Persisam 20/3.

Termasuk diantaranya logo klub sebagai merek dagang utama. “Saat ini kita sudah mendaftarkan hak paten tulisan Persib kepada direktorat jendral Hak Kekayaan Intelektual. Sedangkan untuk logo Persib kita tidak bisa mendaftarkanya karena saat ini logo yang dipakai adalah logo milik pemerintah kota Bandung,” kata M Farhan selaku perwakilan dari konsorsium yang menjabat sebagai wakil direktur PT PBB.

Dengan mengganti logo, diharapkan nantinya logo baru tersebut dapat didaftarkan sebagai merek dagang resmi yang dimiliki Persib. Satu yang akan optimal dari pendaftaran logo ini adalah penjualan merchandise yang sampai sekarang belum tergarap dengan baik oleh pihak PT PBB.

H Umuh Muhtar sendiri ketika disodorkan beberapa alternatif logo tersebut sempat terkaget, tanpaknya komunikasi yang kurang terjalin dengan baik antara pihak konsorsium dan H umuh sebagai direktur utama sedikit terhambat. Maka dengan alasan sejarah perjalanan Persib bersama logonya, H Umuh menolak untuk menggantinya.

“Ini hanya salah komunikasi saja. Masalah logo ini memang masih menjadi perdebatan di internal PT PBB sendiri. Namun mau tidak mau, untuk melangkah maju, kita harus mempunyai merek dagang tersendiri yang disahkan di Kementrian Hukum dan HAM RI,” katanya mengklarifikasi.

Farhan yang tidak bisa hadir pada ulang tahun Persib sewaktu melawan Arema Indonesia, berharap pada sektor manajemen bisnis, Persib bisa melangkah maju menuju ke arah industri sepakbola medern seperti yang sudah dijalankan oleh klub-klub eropa. Maka sewaktu kemarin ia ada tugas kerja ke eropa, ia sempat mengunjungi dua klub besar, yaitu Ajax Amsterdam dan Bayern Munchen untuk melihat bagaimana sistem disana dijalankan.

Kado Terindah di milangkala ke 77 PERSIB

14 Mar 2010 04:03 PM

Sebuah kemenangan disaat hari milangkala merupakan kado yang terindah.Pertandingan hari ini yang bertepatan dengan hari ulang tahun Persib yang ke 77 diciptakan ketika melawan arema Malang di stadion Jalak Harupat.Gol semata wayang yang dari C.Gonzales di menit 65 menambah koleksi gol nya menjadi 9 gol.

Pertandingan antara Persib melawan Arema yang turut disaksikan oleh Gubernur Jawa Barat ini berlangsung dalam tempo sangat cepat.Di menit pertama Persib sudah mendapatkan peluang dari C. Gonzales. Umpan lambung dari Hilton Moriera ke arah Gonzales tinggal berhadapan dengan kiper Kurnia Mega.Namun tendangan menyusur tanah dari Gonzales masih membentur tiang sebelah kiri gawang Arema.

Peluang persib juga tercipta di menit 36. Hilton Moriera yang sudah berhadapan dengan kiper Kurnia Mega, melepaskan tembakan pelan menyusur tanah dan berhasil melewatinya,tetapi masih ada pemain belakang arema yang dengan sigap membuang bola.babak pertama berakhir dengan tanpa gol.

Kick off babak kedua sempat terhenti beberapa menit karena protes dari Kubu arema yang disebabkan adanya penonton di daerah belakang pemain cadangan Arema. Namun setelah mendapatkan jaminan dari pihak keamanan, akhirnya pertandingan bisa dimulai.

Pada babak kedua serangan dari masing – masing kesebelasan silih berganti.beberapa peluang tercipta.Kepiawain masing – masing penjaga gawang menjadikan sampai pertengahan babak ke dua belum ada gol yang tercipta

Di menit 65 akhirnya gol pun tercipta. Dimulai dari tendangan pojok yang dilakukan oleh Eka ramdani. Bola yang melambung mengarah ke tiang jauh gawang kurnia Mega sempat di sundul dan mengenai tiang gawang,bola mantul itu berhasil dimamfaatkan oleh C.Gonzales lewat sundulan nya yang mengarah pelan ke tengah – tengah gawang. 1 – 0 Untuk Persib.

Persib kembali mendapakan peluang dari kaki Hilton Moriera. Lewat tendangan jarak jauh dari luar kotak pinalty, namun bola masih membentur tiang atas gawang arema dan kembali memantul ke tengah lapangan.

Di menit – menit akhir, Persib mulai memperlambat permainan.sampai peluti akhir berbunyi, kemenangan tetap di tangan Persib.

Hatur nuhun Persib. Hatur nuhun Pemain..hatur nuhun Bobotoh.

Wilujeung milangkala Persib ka 77…Kami akan selalu mendukung mu

Umuh: Optimis Bisa Mengejar

March 14th, 2010 | Author: Abu Fauzan

Manajer Umuh Muhtar mengaku sangat senang dengan kemenangan Persib atas Arema Malang. Dalam wawancara pasca pertandingan Persib vs Arema Minggu 14 Maret 2010 tersebut, beliau mengatakan bagai memenangkan sebuah partai final.

Umuh Muhtar Persib bandung

Umuh mewanti-wanti pemain supaya bermain serius dan dengan motivasi tinggi. Umuh mengatakan bahwa peluang Persib untuk meraih juara, tergantung hasil melawan Arema ini. Umuh yakin Persib akan juara setelah mengalahkan Arema.

“Dengan kemenangan ini saya optimis bisa mengejar. Rajanya saja sudah kalah,” canda Umuh.

Mengenai Markus, Umuh mengatakan bahwa Markus bermain sangat luar biasa dan memang pantas menjadi penjaga gawang nomor 1 Indonesia.

Sementara itu, wakil gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf mengatakan bahwa hasil ini merupakan hadiah bagi ulang tahun Persib Bandung.Dede Yusuf yang datang terlambat dan sempat menonton di sentel ban ini mengungkapkan bahwa pertandingan ini seperti pertandingan final.

Persib Punya We Will Stay Behind You

March 15th, 2010

Lagu We Will Stay Behind You akhir-akhir ini menjadi lagu yang paling dicari bobotoh se-dunia untuk di download. Hal ini dipicu oleh ancaman hukuman komdis PSSI terhadap yel-yel rasis yang sering dinyanyikan oleh penonton di stadion Jalak Harupat beberapa waktu lalu, dan lagu ini diharapkan dapat menggantikan yel-yel tak baik tersebut.

Band Kuburan, band asal kota kembang ini adalah penyanyi lagu tersebut. Dan saat Persib menjamu Arema kemarin, mereka menyempatkan hadir langsung ke stadion untuk ikut mendukung maung bandung, dan simamaung.com berhasil mewawancarai Deni, sang bassist yang merupakan pencipta lagu We Will Stay Behind You tersebut.

Deni Kuburan, pencipta lagu We Will Stay Behind You

Berikut cerita Deni Kuburan tentang lagunya dan Persib Bandung:

Lagu itu lahir dari kecintaan saya kepada Persib Bandung.

Ada momentum, dimana saya sering menonton pertandingan, saya miris dengan lagu-lagu yang sering dinyanyikan distadion oleh bobotoh. Semua nyanyian sama dengan nyanyian di stadion kota-kota lain. Udah gitu teh ada yang berlirik rasis juga. Nah waktu itu Persib kena denda karena hal tersebut.

Jadi akhirnya terbersit dikepala saya ingin menciptakan suatu yell yang bikin kita spesial, berbeda dengan yang lainnya.

Yang pertama keluar itu yang pass reff-nya. Habis itu saya pulang, ambil gitar, dan lagunya jadi lah sekitar 10 menitan. Itu tahun 2006. Sudah lama kan?

Saya kepingin lagu We Will stay behind You juga jadi jargon kita, jadi tagline gitu. Kalo Liverpool punya You’ll Never Walk Alone, kita punya We Will Stay Behind You.

Persib tahun ini mah juara. Ini dilihat dari permainannnya selama ini dan tidak diganggu oleh faktor x, kita bisa juara. Wani ngadu.

Perbedaan 12 poin dengan pemimpin klasemen mah dikit. Kalo nanti menang juga kita jadi beda 9 poin. Dulu MU saja selisih 18 poin bisa nyusul dan juara. Pokoknya melihat dari permainan yang menjanjikan ini, Persib bisa nyusul.

ooo….ooo…oooo..oooo

disini ku dapat tegak berdiri

satukan hati tuk bela kau persibku

darah doaku curahkan untukmu

tuk jadi juara di indonesia

# satu biru. satu hati satu bendera kita mendukungmu 2x

* persib maung bandung

persib mang bandung

persib maung bandung

ooo oooo

persib maung bandung

persib maung bandung

terus kau bertarung

we are stay behind you

back to #, *

kau takkan kalah pantang menyerah

bobotoh mendukungmu

kau takkan kalah, pantang menyerah

we are stay behind you..

77 Tahun Persib Bandung

77 Tahun genap sudah Persib Bandung hadir di tengah-tengah masyarakat Pasundan dan Indonesia. Berbagai prestasi nasional dan internasional telah diraih. Ada suka menghasilkan tawa, ada juga sedih menghasilkan air mata. Di bawah ini kami hadirkan tanggal-tanggal penting tim Persib Bandung dari jaman sebelum kemerdekaan, sampai menjadi tim profesional di musim ini.

14 Maret 1933 Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB) sepakat melakukan fusi dan lahirlah perkumpulan yang bernama Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Bandung (Persib). Anwar St. Pamoentjak tercatat sebagai Ketua Umum pertama.

1934 Runner Up Perserikatan di bawah VIJ Jakarta

1936 Runner Up Perserikatan di bawah Persis Solo

1937 Juara Perserikatan

1939 Juara 3 Perserikatan di bawah Persis Solo dan PSIM

1939 Juara 3 Perserikatan di bawah Persis Solo dan Persebaya

Mei 1952 Persahabatan menghadapi Aryan Gymkhana (India)

1952 Juara 3 Perserikatan di bawah Persebaya dan Persija

6 September 1959 Runner up Perserikatan di bawah PSM

31 Juni 1961 Juara Perserikatan

Juli 1963 Juara Turnamen Kongres Istimewa PSSI

Januari 1964 dikalahkan Tim Nasional Jerman Timur 0-2

29 Oktober 1964 dikalahkan Tim Nasional Jerman Timur 1-7

21 Januari 1973 Juara Piala Bank Bumi Daya

24 April 1973 Juara 4 turnamen Marah Halim Cup ‘73

9 Maret 1975 persahabatan mengalahkan Tutang (Taiwan) 8-0

14 Oktober 1976 kalah dari Sao Paulo (Brazil) 0-4

18 Desember 1976 mengalahkan Brno (Cheko) 2-1

27 Juni 1977 persahabatan mengalahkan timnas U-21 Italia 3-1

1978 menahan imbang tim nasional Korea Selatan 0-0

11 Juli 1978 Persahabatan mengalahkan Selangor FA 3-1

12 April 1979 Juara Piala bandung Urang

9 Agustus 1981 persahabatan denganMuenchen University 1-1

26 Agustus 1981 menahan tim nasional Korea Selatan 0-0

23 September 1982 Juara Piala Galunggung

29 Desember 1983 dikalahkan Freiburg (Jerman) 0-5

25 November 1982 dikalahkan DNEPR (Uni Soviet) 0-2

10 November 1983 Runner Up Perserikatan di bawah PSMS

5 Februari 1985 dikalahkan Torpedo Kutaisi (Uni Soviet) 1-3

23 februari 1985 Runner Up Perserikatan di bawah PSMS

23 Oktober 1985 Runner up Piala Tugu Muda VII dikalahkan Rajpracha (Thailand) 0-2

11 Maret 1986 Juara Perserikatan mengalahkan Perseman Manokwari 1-0

27 Juli 1986 Juara Piala Sultan Hassanal Bolkiah di Brunei

19 Oktober 1986 menghadapi FC IQ (Belanda) menang 4-0

1987 Juara 3 Perserikatan di bawah PSIS dan Persebaya

11 Juni 1987 menghadapi PSV Eindhoven (Belanda) 0-6

13 Juli 1987 menghadapi Hallelujah (korsel) kalah 0-1

14 Juli 1987 menghadapi Juventus (Brazil) menang 2-1

5 Juni 1988 menghadapi KNVB (Belanda) kalah 0-1

9 Juli 1989 Juara 4 Marah Halim Cup

11 Maret 1990 Juara Perserikatan mengalahkan Persebaya 2-0

14 September 1990 Juara Piala Jawa Pos II/1990

1992 Juara 4 Perserikatan di bawah PSM, PSMS, dan Persebaya

17 April 1994 Juara Perserikatan mengalahkan PSM 2-0

4 Juni 1994 menghadapi AC Milan (Italia), kalah 0-8

30 Juli 1995 Juara Liga Indonesia

November 1995 Perempat Final Liga Champion Asia

6 Desember 2006 mengalahkan Selangor FA 3-1

28 Januari 2007 menghadapi Ulsan Hyundai (Korea Selatan) 2-2

2009 Juara 3 Liga Super Indonesia

Catatan ini hanya berisi sebagian kecil perjalanan 77 tahun Persib Bandung.  Mungkin masih banyak catatan sejarah tim Maung Bandung yang belum terungkap. Jika ada kesalahan, silahkan dikomentari di bawah.

SELAMAT ULANG TAHUN KE-77 UNTUK PERSIB BANDUNG

SEMOGA JAYA SELALU DAN MERAIH PRESTASI YANG LEBIH TINGGI

Sumber tulisan:

Simamaung.com

Pikiran Rakyat

Galamedia

novanmediaresearch.wordpress.com

bukupersib.wordpress.com

rsssf.com

Markus: Insya Allah, Persib Menang

March 13th, 2010 |

Markus Haris Maulana, Penjaga gawang Persib Bandung yang sebelumnya bermain untuk Arema mengatakan bahwa Persib bandung akan menang pada pertandingan hari Minggu besok (14/3). Markus bahkan mengatakan bahwa kemenangan atas Arema merupakan salah satu dari 3 keinginannya.

“Insya allah besok Kita bisa menang. Keinginan saya besok ada 3. Menang lawan mantan klub, memberikan kado buat persib dan memberikan kado buat saya sendiri,” ungkap Markus kepada Simamaung.

Markus berpendapat bahwa sebenarnya secara teknik, para pemain Arema tidak terlalu bagus. Semua tergantung pada disiplin bermain para pemain Persib. Bahkan markus mengatakan tidak perlu adanya penjagaan  khusu s terhadap pemain Arema.

Penjaga gawang tim nasional Indonesia ini bahkan membeberkan rahasia bermain tim Arema Malang.Arema, menurut Markus, akan memakai 2 gelandang bertahan dan mengandalkan serangan balik dari kedua sayapnya.

“Kekuatan counter mereka terletak pada Roman, Ridwan, dan Fachrudin,” papar Markus.

Markus menambahkan bahwa Arema mempunyai pemain belakang yang disiplin menjaga daerahnya. Mereka tidak pernah meninggalkan daerah pertahanannya. beberapa pemain muda mengisi pos pertahanan Arema dan dipimpin dan diorganisir oleh Piere Njanka. Kelemahan Piere sendiri menurut Markus adalah suka berlama-lama dengan bola.

“Kelemahan Piere sendiri adalah suka berlama-lama dengan bola. Sedangkan bek lainnya Muda-muda, mereka menang semangat juang,” tambahnya.

Karena pemain belakang Arema relatif pendek, Markus memberikan tips supaya Persib menyerang dari sektor sayap dan memberikan bola-bola atas ke kotak penalti Arema.

Pemain Persib Dalam Keadaan Siap Tempur

Dalam wawancara setelah latihan hari Sabtu pagi 13 maret 2010, pelatih Persib Bandung Jaya Hartono mengatakan bahwa kondisi semua pemain persib dalam keadaan yang bagus dan siap tempur. Para pemain dengan mantap menghadapi partai menghadapi Arema Malang. hari Minggu, 14 Maret 2010 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang.

Jaya mengatakan dirinya memerintahkan kepada pemain untuk mewaspadai seluruh pemain pemain Arema. Tidak ada satupun pemain Arema akan disecara khusus diawasi pergerakannya. Jaya menilai semua pemain Singo Edan berpotensi mendatangkan bahaya.

Semua pemain Persib diharapkan bermain dengan motivasi tinggi. Jaya mencontohkan supaya anak-anak bermain seperti saat Persib mengalahkan Bontang FC.

“Mental pemain stabil. Setiap pertandingan adalah final  sehingga Saya berharap anak2 punya motivasi tinggi, dan mau berjuang seperti kemarin ketika menghadapi BontangFC,” ungkap Jaya.

Melihat pertandingan kemarin juga, Jaya memberikan beberapa evaluasi di lini belakang dan depan. Khusus bagi lini depan, pertandingan melawan Bontang FC bisa dijadikan pelajaran. Dalam pertandingan tersebut, Persib menguasai permainan dan banyak mempunyai peluang, terbukti dari catatan 18 tendangan penjuru, akan tetapi gol yang tercipta hanya 2 saja.

Arema Sedikit Kecewa

March 13th, 2010

Menjelang pertandingan antara Persib Bandung vs Arema yang akan dilangsungkan hari Minggu besok, 14 Maret 2010, Liestiadi, Asisten pelatih tim Arema mengaku kecewa atas perlakuan panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persib. Pasalnya, panpel tidak mengabulkan permintaan Arema yang ingin mencoba lapangan pada malam hari.

Permintaan ini ungkap Liestiadi, karena pertandingan antara peringkat pertama dan keempat klasemen sementara Liga Super Indonesia (LSI) ini akan dilangsungkan pada malam hari. Tim Arema diberi jadwal untuk mencoba lapangan Si Jalak Harupat hari Sabtu pagi tadi, 13 Maret 2010.

Untuk menghadapi Persib besok, Arema telah mempersiapkan beberapa strategi untuk meredam laju tuan rumah. Arema akan mencoba mewaspadai sayap-sayap Persib Bandung dan pergerakan Eka Ramdani. Eka dinilai berbahaya karena merupakan motor serangan Persib Bandung yang sangat mobil.

Selain Eka, Arema juga sangat mewaspadai pergerakan dua striker Persib, Hilton dan Gonzalez yang selalu mencetak gol dalam beberapa pertandingan terakhir Persib.

Persib vs Arema di Jalak harupat

Persib Bandung akhirnya memperoleh izin dari Pemerintah Kabupaten Bandung untuk menggunakan Stadion Si Jalak Harupat untuk laga melawan Arema Malang tanggal 14 Maret mendatang.

Itu diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana Risha Adi Widjaya menjelaskan, mereka mendapatkan kepastian itu pada Jumat (12/3) pagi. Dengan demikian, para bobotoh bisa menyaksikan laga yang bertepatan dengan ulang tahun Persib di stadion bertaraf internasional itu.

“Untuk laga tanggal 17 Maret, masih harus menunggu lagi,” ujar Risha.

Sebelumnya, Persib harus menanti kepastian dari Pemkab Bandung terkait pemberian izin penggunaan Stadion Si Jalak Harupat. Penyebabnya, Pemkab Bandung berencana untuk merehabilitasi stadion itu untuk persiapan menjelan Pekan Olahraga Daerah ke-XI.

Hariono Heran.

March 12th, 2010

Karena jadwal padat didepan Persib, beberapa hari lalu, Pelatih kepala Jaya Hartono sempat menitipkan pesannya agar para pemain mengatur keadaan fisiknya dan juga menghindari terkena kartu kuning. Dengan harapan, para pemain andalannya tidak banyak absen sehingga Persib selalu bermain dengan kekuatan penuh.

Namun pada pertandingan terakhir, yang dipimpin oleh wasit Armando Pribadi asal DIY, Pengawas pertandingan harus mencatatkan dua kartu kuning kepada dua pemain Persib yaitu Hariono dan Christian Rene di kertas laporannya.

Pada menit ke-25, Bontang FC ketika itu melakukan serangan balik melalui kaki Bachtiar, Hariono, yang ditugaskan menjaga pertahanan, mencoba menghadang pergerakan Bachtiar untuk tidak menembus lini pertahanan Persib dengan cara men-sliding, dengan kedua kaki dilipat kebelakang.

Melihat hadangan itu, Bachtiar tidak dapat menghindar dan ia meloncat dan terjatuh. Seketika, wasit Armando Pribadi mancabut kartu kuning dari sakunya dan memberikan kartu kuning ke-7 bagi Hariono di musim ini.

“Saya berusaha untuk tidak mendapatkan kartu, namun saya heran, mengapa saya selalu mendapatkan kartu kuning jika pertandingan dipimpin oleh wasit Armando. Total, wasit Armando sudah memberi saya 4 kartu kuning dan 1 kartu merah, sisanya, 2 atau 3 kartu kuning lagi diberikan oleh wasit Yandri,” kata Hariono di stadion Persib sore ini.

Hariono berbincang dengan Nova didekat Markus. Pada sesi latihan sore ini, seluruh pemain yang bermain melawan Bontang hanya diinstruksikan untuk bersantai di pinggir lapang stadion Sidolig.

Posisi gelandang bertahan yang ditempati oleh Hariono memang menugaskan ia sebagai orang pertama pertahanan, maka pemain pada posisi ini dituntut bekerja keras mempertahankan daerahnya sebelum pemain lawan menembus jantung pertahanan. Para pemain gelandang bertahan memang identik dengan permainan berkarakter keras, nama-nama seperti Roy Keane, Edgar Davids, Patrick Vieira, ataupun Ponaryo Astaman tidak jarang harus lebih sering melakukan tackle.

Sedangkan satu kartu lainnya didapat oleh Christian Rene Martines. Dengan raihan ini, Rene tidak dapat bermain ketika Persib menghadapi Arema hari minggu nanti. Menanggapi kartu kuningnya, Rene menilai wasit Armando terlalu berlebihan.

“Saya memang berkonfrontasi dengan Marcelino. Ketika itu sedang akan dilakukan tendangan penjuru buat Persib, saya dalam posisi menyerang dan lawan bertahan, kami berdua wajar untuk berebut posisi. Dalam sepakbola ini memang terjadi, itu wajar. Kartu kuning saya pikir terlalu berlebihan,” kata Rene sebelum masuk ke mess.

Persib vs Arema (Head to Head)

March 12th, 2010 |

PERSIB BANDUNG vs AREMA MALANG

Liga Super Indonesia 2009/2010

Minggu, 14 Maret 2010

Live on ANTV dan RRI Bandung

(Berdasarkan jadwal yang kami terima dari PT Liga Indonesia dan bisa berubah secara mendadak tanpa pemberitahuan).

Persib vs Arema

HEAD to HEAD

19-12-2009 Super Liga Arema Persib 0-0
09-05-2009 Super Liga Arema Persib 0-2
02-11-2008 Super Liga Persib Arema 2-1
29-05-2006 Divisi Utama Arema Persib 3-1
11-02-2006 Divisi Utama Persib Arema 1-0
01-09-2005 Divisi Utama Arema Persib 1-0
17-05-2005 Divisi Utama Persib Arema 2-0
05-03-2003 Divisi Utama Arema Persib 1-0
02-08-2003 Divisi Utama Persib Arema 1-1
14-02-2002 Divisi Utama Persib Arema 2-1
18-04-2002 Divisi Utama Arema Persib 1-0

Posisi Klasemen

1 Arema 22 15 3 4 30-10 48
4 Persib 21 11 3 7 33-22 36

5 Laga Kandang Terakhir Persib Bandung

11 Mar 2010, Persib vs Bontang FC 2-1

20 Feb 2010, Persib vs Persisam 2-0

26 Jan 2010, Persib vs Persik 6-1

23 Jan 2010, Persib vs Persebaya 4-2

12 Jan 2010, Persib vs PSPS 3-1

5 Laga Tandang Terakhir Arema Malang

09 Mar 2010 Persema vs Arema 1-3

14 Feb 2010 Persiba vs Arema 1-0

10 Feb 2010 PSM vs Arema 0-2

20 Jan 2010 Persik vs Arema 0-1

16 Feb 2010 Persebaya vs Arema 2-0

Mohon Koreksinya jika ada kesalahan data, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s