Model-model Perencanaan Pendidikan


a.    Model Perncanaan Komprehensif
Model inidigunakan untuk menganalisa setiap perubahan-perubahan dalam system pendidikan secara keseluruhan. Di smin itu berfungsi sebagai suatu patokan dalam menjabarkan rencana yang lebih spesifik kea rah tujuan-tujuan yang lebih luas.

b.    Model Target setting
Model ini diperlukan dalam upaya melaksanakan proyeksi ataupun memperkirakan perkembangan dalam kurun waktu tertentu. Sebagai contoh anda dapat menemukan danmelihatnya dalam model analisis demografis dan proyeksi penduduk di kantor pemda kabupaten/kota tempat anda tinggal atau pun di kantor anda mengajar.

c.    Model Costing (pembiayaan) dan keefektifan biaya
Moel ini sering digunakan untuk mengnalisa proyek-proyek dalam criteria efisien dan efektifitas ekonomis. Dengan model ini dapat diketahui proyek yang paling fisibel dan memberikan suatu perbandingan yang paling baik diantara proyek-proyek yang menjadi alternative pananggulangan masalah yang dihadapi. Penggunaan model ini dalam pendidikan didasarkan pada pertimbangan bahwa pendidikan itu tidak terlepas dari masalah pembiayaan, dan dengan sejumlah biaya yang dikeluarkan selama proses pendidikan diharapkan dalam kurun waktu tertentu daapat memberikan keuntungan tertentu.
Contoh : di sekolah akan direncanakan adanya suatu renovasi ruang kelas, pelatihan keterampilan mengajar efektif bagi guru-guru, pelatihan penulisan bahanajar, studi banding kesekolah unggulan dan lain-lain. Dengan model ini anda dapat membandingkan mana prioritas dari program yang fisibel untuk dilaksanakan.

d.    Model PPBS (Planning, Programing, Budget System)
PPBS adalah suatu system perencanaan, penyusunan, program, dan panganggaran. Model ini bermakna bahwa perencanaan, penyusunan program dan penganggaran dipandang sebagai suatu system yang  tak terpisahkan satu sama lainbya. PPBS merupakan suatu proses yang komprehensif untuk pengambilan keputusan yang lebih efekif.
PPBS di lingkungan Depdiknas di modifikasi manjadi SP4, dalam proses ini data tentang biaya, keuntungan serta kelayakan program dibuat selengkap mungkin, sehingga pengambilan keputusan dapat menentukan pilihan program yang paling menguntungkan.

oleh : nDan,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s