Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA di SD

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Smt : V / I
Konsep IPA : Sifat bahan dan bahan penyusunnya
Topik : Struktur Bahan
Waktu : 2 jam pelajaran

I. Kompetensi Dasar :
5.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kertas dan kain.

II Indikator Hasil Belajar :
1. Siswa dapat mengidentifikasi beberapa jenis bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya kain dari kapas, kain sutra dari serat sutra, melalui pengamatan dengan menggunakan kaca pembesar.
2. Siswa dapat memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya, misalnya pakaian wol untuk daerah dingin, kain katun untuk sapu tabgan, senar untuk raket dan lainnya.

III. Materi Pokok :
Struktur Bahan

IV. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, diskusi dan pengamatan.

V. Sumber Belajar/alat/bahan
Sumber: Buku Teks IPA kelas V
Alat dan bahan:
- kaca pembesar
- Kain wol
- Kain katun
- Kain sutra - Karung gandum
- Karung goni
- Kantung plastik
- Kaos kaki - Jas hujan
- Senar raket
- Senar pancing
- Tali rafia
Persiapan
Sebelum pembelajaran siapkan alat-alat yang diperlukan dan menguji kelaikan alat alat ersebut.

VI. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan
Motivasi: Mintalah siswa menggunakan indra mata dan peraba mengamati kain yang dibawa siswa dari rumah.

B. Kegiatan Inti
Rumusan masalah:
1. Apakah semua kain terbuat dari bahan benang yang sama?
2. Apakah semua kain menyerap air yang sama banyak?
Opini Siswa/pendapat/jawaban siswa terhadap rumusan masalah.
Siswa diminta berpendapat terhadap masalah yang dihadapi. Pendapat siswa ditampung guru dan ditulis di papan tulis. Opini tidak perlu dijawab. Untuk mengetahui jawaban siswa benar atau salah dilakukan kegiatan berikut:

Kegiatan 1
1. Siswa dibagi dalam kelompok.
2. Siswa dibimbing menamakan jenis kain yang dibawa dari rumah dan mengamati dengan kaca pembesar.
3. Ajaklah siswa menarik benang (struktur bahan) penyusun kain.
4. Bimbinglah siswa mengisi tabel hasil pengamatan.
No Jenis kain Dari Jenis Bahan dapat dipilah Bahan tidak dapat dipilah halus kasar
1 Katun Kapas
2 Sutera Ulat sutera
3 Wol Serat biri-biri
4 Karung Plastik Serat plastik
5 Jas Hujan Plastik

Diskusikan dengan siswa sehingga diperoleh kesimpulan:
o Bahan benang penyusun pembuat kain tidak sama, ada yang berasal dari alam, ada yang berasal dari bahan sintetik.
Kegiatan 2
1. Setiap kelompok siswa diberi ssapu tangan dengan ukuran sama, tetapi dari bahan yang berbeda.
2. Tugaskan siswa memasukkan sapu tangan ke dalam air, kemudian siswa diminta memeras kain basah dan menampung air perasan dalam gelas ukur.
3. Bimbinglah siswa mengisi tabel hasil pengamatan.
No. Nama Kain Banyaknya air yang diserap
1 Katun
2 Wol

Diskusikan dengan siswa sehingga diperoleh kesimpulan:
o Bahan pembuat kain mempunyai daya serap air yang tidak sama.
C. Penutup
Penerapan/aplikasi
Diskusi dan informasi (alasan pemilihan bahan sesuai kegunaan) Misal: Baju sekolah, kaos kaki, kaos olah raga dan handuk menggunakan bahan yang mudah menyerap air jas hujan dan pembungkus minuman menggunakan bahan yang kedap air.

Evaluasi
1. Terbuat dari apakah tempat minum yang kamu bawa?
2. Mengapa bungkus minuman dari plastik, bukan dari kain katun?
3. Mengapa senar raket dibuat dari bahan nilon, bukan katun?
4. Di daerah dingin sebaiknya mengenakan baju dari bahan apa? Mengapa?
5. Mengapa senat pancing dibuat dari bahan yang tidak mudah menyerap air?
Tugas Rumah:
1. Sebutkan alat-alat di rumahmu yang terbuat dari bahan yang tidak mudah menyerap air!
2. Sebutkan bahan dan kegunan kain yang ada di rumahmu!
3. Buatlah alat memancing lengkap dengan tali dan pancingnya!

Jepara,……………………..

Mengetahui
Kepala Sekolah

(……………………) Guru Kelas V

( …………………………)

About these ads

3 comments on “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA di SD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s