Prosedur perumusan indikator pembelajaran

PERUMUSAN INDIKATOR PEMBELAJARAN

13 Maret 2010 pada 03:06 (Pembelajaran)
Tags: , , , , ,

Langkah awal guru dalam merancang prosedur pengajaran adalah merupakan tujuan instruksional khusus (Indikator). Indikator pada dasarnya merupakan rumusan tentang bentuk perilaku atau kemampuan- kemampuan yang diharapkan dimiliki peserta didik setelah mereka mengikuti pengajaran.

Suatu rumusan Indikator tentang kemampuan- kemampuan yang harus dimiliki peserta didik itu harus memenuhi syarat berikut:

  • Spesifik artinya mengandung satu penafsiran (tidak menimbulkan penafsiran yang bermacam-macam).
  • Operasional artinya mengandung satu perilaku yang dapat diukur untuk memudahkan penyusunan alat evaluasi.

Untuk memenuhi kriteria diatas, seorang guru harus memahami kata- kata kerja operasional sebagai bentuk perilaku yang dapat dijadikan pegangan dalam perumusan Indikator untuk kepentingan tersebut, dikenal klasifikasi tujuan yang dikemukan Bloom dan kawan- kawan. Ia dan kawan- kawannya mengklasifikasikan tujuan pengajaran itu kedalam tiga ranah, yaitu:

  1. Ranah Kognitif/ Cognitive Domain
  2. Ranah Afektif/ Affective Domain
  3. Ranah Psikomotor/ Psychomotoric Domain

A. Tingkat Kemampuan Ranah Kognitif, Terdiri Dari:

  1. Pengetahuan
  2. Pemahaman
  3. Penerapan
  4. Analisis
  5. Sintesis
  6. Evaluasi

B. Ranah Afektif/ Affective Domain, Terdiri Dari:

  1. Penerimaan
  2. Tanggapan
  3. Penilaian
  4. Pengorganisasian
  5. Karakteristik

C. Ranah Psikomotor/ Psychomotoric Domain, Terdiri Dari:

  1. Persepsi
  2. Kesiapan melakukan pekerjaan
  3. Mekanisme
  4. Respon terbimbing
  5. Kemahiran
  6. Adaptasi
  7. Keaslian/ originasi

Bentuk perilaku yang dapat dipelajari atau diukur berdasarkan pendapat Bloom dan kawan- kawan itu adalah
a. Ranah “Cognitive” (C)
1) Pengetahuan (C1)
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar

  • Mengetahui istilah- istilah umum
  • Mengetahui hal- hal terinci
  • Mengetahui metode dan prosedur
  • Mengetahui konsep- konsep dasar
  • Mengetahui prinsip- prinsip

b) Istilah untuk Indikator

  • Mendefinisikan
  • Menggambarkan
  • Mengidentifikasi
  • Memberi nama
  • Menyusun daftar
  • Menamakan
  • Membuat garis besar
  • Menyatakan kembali
  • Memilih
  • Menyatakan

2) pemahaman
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar

  • Memahami fakta dan prinsip
  • Menginterprestasikan bagan dan grafik
  • Mengubah bahan tulisan menjadi rumus matematika
  • Memperkirakan akibat- akibat yang akan datang yang tercantum dalam data
  • Membenarkan metode dan prosedur

b) Istilah untuk Indikator

  • Mengubah
  • Mempertahankan
  • Memperkirakan
  • Menjelaskan
  • Menyatakan secara luas
  • Menyimpulkan
  • Memberi contoh
  • Menarik kesimpulan
  • Melukiskan dengan kata- kata sendiri
  • Meramalkan
  • Menuliskan kembali
  • Membuat rangkuman

3) Penerapan
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar

  • Menetapkan konsep dan prinsip terhadap situasi- situasi baru
  • Menerapkan hukum dan teori pada situasi praktis
  • Memecahkan persoalan matematik
  • Mengkostruksi bagan dan grafik
  • Mendemonstrasikan penggunaan metode dan prosedur secara benar

b) Istilah untuk Indikator

  • Mengubah
  • Mendemonstrasikan
  • Mengungkapkan
  • Mengerjakan dengan teliti
  • Membuat modifikasi
  • Menjalankan
  • Meramalkan
  • Menghubungkan
  • Menunjukkan
  • Memecahkan
  • Menggunakan

4) Analisis
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar

  • Mengenali anggapan yang tidak dinyatakan
  • Mengenali kesalahan logika dalam memberi alasan
  • Membedakan antara fakta dan kesimpulan
  • Mengevaluasi hubungan antara data- data
  • Menganalisis struktur organisasi suatu karya

b) Istilah untuk Indikator

  • Memecahkan
  • Menguraikan
  • Membuat diagram
  • Membeda- bedakan
  • Memisah- misahkan
  • Mengidentifikasi
  • Menggambarkan kesimpulan
  • Membuat garis besar
  • Menunjuk
  • Menghubungkan
  • Memilih
  • Memisahkan
  • Memerinci

5) Sintesis
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar

  • Menulis suatu tema yang tersusun
  • Memberi ceramah yang tersusun baik
  • Menulis suatu naskah pendek yang kreatif
  • Mengusulkan suatu rencana untuk percobaan
  • Mengintegrasikan pelajaran dari berbagai bidang ke dalam suatu rencana untuk memecahkan masalah
  • Merumuskan suatu bagan untuk menggolong- golongkan objek, kejadian- kejadian atau pikiran

b) Istilah untuk Indikator

  • Menggolong- golongkan
  • Menggabungkan
  • Menghimpun
  • Menyusun
  • Menciptakan
  • Menciptakan rencana
  • Merancang
  • Menjelaskan
  • Membangkitkan
  • Membuat modifikasi
  • Mengorganisasi
  • Merencanakan kembali
  • Merevisi
  • Menulis kembali
  • Menyimpulkan
  • Menceritakan
  • Menulis

6) Evaluasi
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar

  • Menimbang konsistensi logis dari bahan tertulis
  • Menimbang seberapa jauh suatu kesimpulan disokong oleh data
  • Menimbang nilai suatu karya dengan menggunakan kriteria intern
  • Menimbang nilai suatu karya dengan menggunakan tatapan luar yang baik

b) Istilah untuk Indikator

  • Menilai
  • Membandingkan
  • Menyimpulkan
  • Mempertentangkan
  • Mengkritik
  • Menggambarkan
  • Membeda- bedakan
  • Menjelaskan
  • Mempertimbangkan kebenaran
  • Menginterpretasi
  • Menhubungkan
  • Menyimpulkan
  • Menyokong

b. Ranah “Affective” (A)
1) Kemauan Menerima
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar

  • Mendengarkan dengan perhatian
  • Meningkatkan kesadaran akan pentingnya belajar
  • Menunjukkan sensitivitas akan keperluan dan persoalan- persoalan masyarakat
  • Menerima berbagai kebiasaan
  • Menerima dengan baik segala aktivitas kelas

b) Istilah untuk Indikator

  • Bertanya
  • Memilih
  • Mengambarkan
  • Mengikuti
  • Memberi
  • Berpegang teguh
  • Mengidentifikasi
  • Melokalisasi
  • Memberi nama
  • Menunjuk
  • Menjawab
  • Menggunakan

2) Kemauan menanggapi
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar

  • Melengapi pekerjaan rumah yang ditentukan
  • Mentaati peraturan- peraturan sekolah
  • Ikut serta dalam diskusi- diskusi sekolah
  • Melengkapi karya laboratorium
  • Sukarela melaksanakan tugas- tugas khusus
  • Menyukai menolong orang lain

b) Istilah untuk Indikator

  • Menjawab
  • Membantu
  • Menghimpun
  • Memperbincangkan
  • Menolong
  • Memberi nama
  • Mempertunjukkkan
  • Mempraktekkan
  • Membaca
  • Melaporkan
  • Memilih
  • Memberitahukan
  • Menuliskan

3) Berkeyakinan
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar

  • Menunjukkan kepercayaan akan proses demokratisasi
  • Menghargai keputusan yang baik
  • Menghargai peranan pengetahuan dalam kehidupan sehari- hari
  • Menunjukan perhatian akan kesejahteraan orang lain
  • Menunjukan sikap akan pemecahan masalah
  • Menunjukan rasa wajib terhadap perbaikan masyarakat

b) Istilah untuk Indikator

  • Melengkapi
  • Menggambarkan
  • Membeda- bedakan
  • Menjelaskan
  • Mengikuti
  • Membentuk
  • Memprakarsai
  • Mengajak
  • Bekerjasama
  • Mempertimbangkan kebenaran
  • Mengusukan
  • Meleporkan
  • Memilih
  • Ikut serta
  • Mempelajari
  • Berkarya

4) Penerapan Karya
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar

  • Mengenali perkara keseimbangan antara kebebasan dan tanggungjawab dalam demokrasi
  • Mengenal peranan perencanaan yang sistematis dalam pemecahan masalah
  • Menerima tanggungjawab bagi perlakunya sendiri
  • Memahami dan menerima kekuatan
  • Merumuskan rencana kehidupan yang selaras dengan kemampuan perhatian dan keyakinan

b) Istilah untuk Indikator

  • Terikat
  • Menyusun
  • Mengubah
  • Mengkombinasikan
  • Membandingkan
  • Melengkapi
  • Mempertahankan
  • Menjelaskan
  • Menarik kesimpulan umum
  • Mengidentifikasi
  • Mengintegrasi
  • Membuat modifikasi
  • Menyusun
  • Mengorganisasi
  • Mempersiapkan
  • Menghubungkan
  • Membuat sintetis

5) Ketentuan/ ketelitian
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar

  • Menunjukan keinsyafan yang benar
  • Menunjukan kepercayaan diri untuk bekerja sendiri
  • Mempraktekkan kerjasama dalam aktivitas golongan
  • Menggunakan langkah- langkah yang aktif dalam memecahkan persoalan
  • Menunjukan ketekunan, ketelitian dan disiplin pribadi

b) Istilah untuk Indikator

  • Bertindak
  • Membeda- bedakan
  • Memperagakan
  • Mempengaruhi
  • Memdengarkan
  • Membuat modifikasi
  • Mempertunjukan
  • Mempraktekkan
  • Mengusulkan
  • Mencapai keahlian
  • Merevisi
  • Melayani
  • Memecahkan
  • Menggunakan
  • Memeriksa kebenaran

c. Ranah “Psychomotoric” (P)
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar

  • Menuliskan dengan cermat dan teliti
  • Menggambarkan kembali dari suatu gambar
  • Mempersiapkan alat- alat laboratorium secara cepat dan tepat
  • Memperbaiki alat elekronik secara tepat dan benar
  • Mendemostrasikan cara- cara kerja yang benar
  • Mempertunjukan suatu keterampilan
  • Menciptakan cara- cara yang baru dari suatu pertunjukan

b) Istilah untuk Indikator

  • Mewujudkan
  • Membina
  • Menukar
  • Membersihkan
  • Menyusun
  • Menghubungkan
  • Melatih
  • Mengikuti
  • Membuat bagan
  • Melokalisasi
  • Mengikat
  • Mencampur
  • Menajamkan
  • Memanaskan
  • Mengerjakan dengan teliti
  • Menggunakan
  • Memulai
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s